<=== <=== MENERIMA PENGIRIMAN BARANG Via DARAT, LAUT Dan UDARA <=== <=== <===
HARI INI : ------> J A M :

Deklarasi Miangas di atas KM Tatamailau

Miangas (23/05) – KM Tatamailau menjadi saksi bisu penorehan Deklarasi Miangas. Sejumlah elemen masyarakat baik dari Manado, maupun wilayah lainnya berkumpul dalam perjalanan di atas KM Tatamailau untuk melakukan rencana aksi tanggap Miangas. Miangas, pulau terluar Indonesia ini merupakan titik akhir perbatasan Indonesia dengan Filipina.


Deklarasi ini menyatakan kesediaan setiap elemen masyarakat tersebut untuk berpartisipasi membangun sarana dan prasarana di Pulau Miangas.
Deklarasi yang akhirnya diberi nama Deklarasi Miangas ini ditandangani oleh berbagai perwakilan elemen masyarakat. Momentum ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2010 yang dirayakan di Pulau Miangas.

Tak hanya Deklarasi, berbagai acara juga dilaksanakan untuk memeriahkan HANI 2010. Rangkaian acara HANI 2010 ini antara lain pemecahan rekor MURI bendera merah putih mengelilingi Pulau Miangas, rekor MURI Mane’e dengan peserta terbanyak. Tujuan dari Deklarasi Miangas ini untuk memperbaiki infrastruktur di Pulau Miangas.

Kapal Pelni Angkut Ratusan Peserta HANI 2010 (Bitung – Miangas)
Menyambut Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2010, PT Pelni mendukung penyelenggaraan acara tersebut dengan mengerahkan satu unit Kapal Motor (KM) Tatamailau. Penyediaan sarana transportasi untuk peserta HANI 2010 dari Bitung-Miangas PP ini merupakan wujud nyata dukungan PT Pelni terhadap suksesnya acara HANI 2010.

P
rogram yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional ini mengambil tema ‘Aksi Peduli Miangas’. Aksi ini diikuti oleh ribuan peserta baik dari Jakarta, Manado, maupun penduduk asli Miangas. Berbagai acara digelar seperti pemecahan Rekor Muri Rangkaian bendera merah putih yang mengelilingi pulau Miangas dan Rekor Muri Rangkaian manusia mengelilingi pulau. Acara ini digelar pada Sabtu, 22 Mei 2010. Dalam acara tersebut, tak hanya pemecahan rekor, tetapi juga diadakan pengibaran bendera merah putih di bumi Miangas.

Baik peserta maupun penduduk asli berbaur di pulau tersebut. Para peserta HANI 2010 ini diangkut oleh KM Tatamailau dari Bitung menuju Miangas. Peserta ini terdiri dari berbagai badan dan instansi pemerintah maupun sekolah yang ikut meramaikan acara ini. Sebelum sampai di Miangas, seluruh rombongan yang menggunakan KM Tatamailau ini singgah di Pulau Intata. Di pulau ini, seluruh peserta mengikuti jalannya kegiatan Mane’e. Mane’e adalah kegiatan menangkap ikan dengan upacara adat setempat. Pulau tanpa penghuni ini memang dikeramatkan oleh penduduk setempat.

Selama ini, Mane’e menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan pendatang untuk ikut terlibat dalam kegiatan tradisional tersebut. Seluruh peserta ikut berbaur dengan penduduk setempat dalam menangkap ikan.
Selama perjalanan di atas kapal, dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti Seminar Anti Narkoba, Penyuluhan, berikut hiburan-hiburan baik musik khas Manado maupun musik-musik country. Berbagai kegiatan tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan HANI 2010 yang memberi peran tersendiri bagi peserta HANI.


Sumber : pelni.co.id